Rabu, 03 Mei 2017

PSIKOLOGII PERKEMBANGAN REMAJA



PERKEMBANGAN REMAJA



Ø Remaja
Masa perkembangan setelah masa anak-anak dan menuju masa dewasa, yang meliputi perkembangan emosi, fisik dan kognitif

Ø 3 Kriteria Remaja
1.      Berkembang sejak saat munculnya tanda-tanda seksual sekundernya à mencapai kematangan sosial
2.      Mengalami perkembangan Psikologik dan pola identifikasi dari anak-anak menjadi dewasa
3.      Terjadi peralihan dari ketergantungan sosial ekonomi yang penuh kepada keadaan yang relatif mandiri
Ø Batasan Remaja
Hurlock (1981) : remaja adalah mereka yang berada pada usia 12-18 tahun.;  Monks, dkk  : batasan usia remaja adalah 12-21 tahun.;  Stanley Hall  : remaja berada pada rentang 12-23 tahun. Sedangkan Kartini Kartono, membagi 3:
1.       Remaja Awal (12-15 Tahun) : mengalami perubahan jasmani yang sangat pesat dan perkembangan intelektual yang sangat intensif sehingga minat anak pada dunia luar sangat besar dan pada saat ini remaja tidak mau dianggap kanak-kanak lagi namun sebelum bisa meninggalkan pola kekanak-kanakannya. remaja sering merasa sunyi, ragu-ragu, tidak stabil, tidak puas dan merasa kecewa.
2.       Remaja Pertengahan  (15-18 Tahun)
ü   Kepribadian masih kekanak-kanakan tetapi mulai timbul kesadaran akan kepribadian dan kehidupan badaniah sendiri.
ü   Mulai menentukan nilai-nilai tertentu dan melakukan perenungan terhadap pemikiran filosofis dan etis. Perasaan yang penuh keraguan pada masa remaja awal, pada rentan usia ini mulai timbul kemantapan pada diri sendiri.
ü   Rasa percaya diri pada remaja menimbulkan kesanggupan pada dirinya untuk melakukan penilaian terhadap tingkah laku yang dilakukannya.
ü   Remaja menemukan diri sendiri atau jati diri
3. Remaja Akhir  (18-21 Tahun)
ü  Masa sudah mantap dan stabil
ü  Sudah mengenal dirinya dan ingin hidup dengan pola hidup yang digariskan sendiri dengan keberanian
ü  Mulai memahami arah hidupnya dan menyadari tujuan hidupnya
ü  Mempunyai pendirian tertentu berdasarkan satu pola yang jelas yang baru ditemukannya

Ø Ciri Masa Remaja
ü  Masa remaja sebagai periode yang penting
ü  Masa remaja sebagai periode pelatihan
ü  Masa remaja sebagai periode perubahan
ü  Masa remaja sebagai masa mencari identitas diri
ü  Masa remaja sebagai masa yang menimbulkan ketakutan
ü  Masa remaja adalah masa yang tidak realistik
ü  Masa remaja sebagai menuju masa dewasa
Ø Perkembangan Pada Remaja
a.      Fungsi Organ Seksual
b.      Cara Berfikir Kausalitas (sebab-akibat)
c.       Emosi yang Meluap-luap
d.      Mulai Tertarik Lawan Jenis
e.      Menarik Perhatian Lingkungan
f.        Terikat dengan Kelompok
Ø Kebutuhan Masa Remaja
1.      Kebutuhan kasih sayang
2.      Kebutuhan ikut serta dan kebutuhan kelompok
3.      Kebutuhan pengakuan orang lain
4.      Kebutuhan untuk dihargai
Ø Perkembangan Fisik Remaja
Anak Perempuan :
a.      Pertumbuhan tulang
b.      Pertumbuhan payudara
c.       Tumbuh bulu di daerah kemaluan
d.      Pertambahan tinggi badan max setiap tahun
e.      Haid
f.        Tumbuh bulu ketiak
Anak Laki-laki:
a.      Pertumbuhan tulang
b.      Testis membesar
c.       Tumbuh bulu di daerah kemaluan
d.      Perubahan suara
e.      Ejakulasi
f.        Pertambahan tinggi badan max setiap tahun
g.      Tumbuh rambut-rambut halus di wajah
h.      Tumbuh bulu ketiak
i.        Tumbuh bulu di dada

Ø Perkembangan Kognitif
Intelegensi à keseluruhan kemampuan individu untuk berfikir dan bertindak secara terarah serta mengolah dan menguasai lingkungan secara efektif
Kemampuan mental Primer:
1.      Pengertian lisan
2.      Kemampuan angka-angka
3.      Penglihatan keruangan
4.      Kemampuan penginderaan
5.      Ingatan
6.      Penalaran
7.      Kelancaran Kata-kata

Tahap Perkembangan Kognitif
1.      Tahap I : Masa Sensorik-motorik (0-2,5 th)
2.      Tahap II: Masa Praoperasional ( 2,0-7,0 th)
3.      Tahap III: Masa Konkrit-operasional (7,0-11,0 th)
4.      Tahap IV: Masa Formal-operasional (11-dewasa)


Ø Perkembangan Emosi
Emosi à sulit didefinisikan karena sifatnya tidak tetap
           ex: antara takut dan terkejut
           antara sedih dan gembira yang mendalam (sama-sama menangis)
3 pasang emosi (W. Wundt):
1.      Lust – Unlust : senang – tdk senang
2.      Spannung – Losung : tegak – tdk tegak
3.      Erregang – Beruhigung : semangan - tenang
Ø Perkembangan sosial
*      Gejolak emosi remaja dan masalah lain à konflik peran sosial
*      Remaja sudah ingin mandiri sebagaipribadi dewasa, ortu ingin anak mengikuti kemauannya
*      Solusi :
àmemberi latihan-latihan sedini mungkin agar anak dapat memilih jalannya sendiri sehingga dapat berkembang. Dan tahu kapan dia harus kembali berkonsultasi dengan ortu atau orang dewasa lain
Ø Perkembangan Moral
1.      Merupakan bagian yang cukup penting dalam perkembangan remaja
2.      Moral bisa mengendalikan tingkah laku remaja
3.      Kurangnya moral dianggap  sebagai faktor penyebab kenakalan remaja
4.      Masyarakat punya peran penting dalam pembentukan moral à sanksi untuk para pelanggarnya
Ø Perubahan psikologi Masa Remaja
1.      Remaja sering merasa gelisah, resah, ada kkonflik batin dengan ortu, mulai berkelompok dalam pergaulan, mulai mengenal lawan jenis, sering tidak stabilnya prestasi
2.      Perubahan fisik mempengaruhi semua bagian tubuh à keadaan fisik dan psikologis remaja à menimbulkan perubahan dalam berperilaku



Ø Faktor Penyebab terjadinya Masalah
1.      Adanya perubahan psikologis dan biologis à masalah yang sangat kompleks
2.      Orang tua dan pendidik kurang siap untuk memberikan informasi yang benar dan tepat waktu
3.      Perubahan gizi yang menjadi salah satu penyebab percepatan menarch
4.      Banyak terjadinya pernikahan dini
5.      Kemajuan teknologi à informasi sulit untuk diseleksi
6.      Kurangnya pemanfaatan penyaluran gejolak remaja
TUGAS PERKEMBANGAN REMAJA
1)      Mencapai hubungan yg baru dan lebih matang dengan teman sebaya
2)      Mencapai peranan sesuai dengan jenis kelaminnya
3)      Menerima keadaan fisik apa adanya
4)      Mencapai kebebasan emosional dari orang tua dan orang dewasa lainnya
5)      Membuat rencana yang berhubungan dengan karirnya
6)      Mampu berperilaku sosial dan seksual secara bertanggung jawab
7)      Memperoleh perangkat nilai dan sistem etika sebagai pedoman berperilaku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pemasangan Infus

PROSEDUR PEMASANGAN INFUS A. Persiapan Alat Sarung Tangan (Handscoon) 1 pasang Selang Infuse (infus set) Cairan ...